Sinyo Sarundajang - Salah satu gubernur terbaik Indonesia

Saya memilih untuk menilik lebih lanjut Gubernur ini karena diberitakan menjadi gubernur terbaik se-Indonesia beberapa waktu lalu baik dari pemerintah pusat maupun GATRA Awards. Ternyata media nasional tidak banyak menyorotinya, meskipun prestasinya bagus. Mungkin karena tidak seheboh panggung politik ibukota, dan khawatir masyarakat akan bosan dengan berita yang baik karena Bad News is Good News for most media. Tapi sebenarnya, penonton lebih pintar dari yang mereka kira, bahkan banyak yang komentar buruk tentang berita TV yang remeh temeh dan tidak berbobot.

Sekilas melihat langkah awal menjadi Gubernur, sepertinya saat Beliau menjabat sebagai Pj. Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 1981, dari sana kemudian menjadi Sekda lalu walikota Bitung. Begitu perjalanan orang birokrasi bisa masuk ke ranah politik dan menjadi kepala daerah. Beliau juga termasuk pembelajar sejati dengan gelar pendidikan terakhir doktor dari UGM.
                                                                       
“Saya Hanya Alat Tuhan”

Beberapa prestasi penting dan kemajuan yang saya kutip dari berbagai situs antara lain di tahun 2009 saat menjabat sebagai Gubernur Maluku, berhasil membuat situasi tenang, Sarundajang juga sukses menggelar kongres bertaraf internasional di Sulawesi Utara yakni World Ocean Conference (WOC) dan CTI Summit yang dihadiri oleh perwakilan kepala negara di dunia. Pada tahun 2011, Sarundajang kembali sukses menjadikan Sulawesi Utara sebagai tuan rumah kongres internasional yakni Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise yang dilaksanakan di Manado. Lalu mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan memperbaiki ketahanan pangan daerah di Sulawesi Utara. Dia bahkan punya blog pendukung  http://shs1234.wordpress.com/2010/03/  yang selain mendukung politiknya, memberikan gambaran perjalanan dan kegiatan selama Beliau menjabat, dan blognya sendiri yang sekaligus promosi acara WOC http://gubernursarundajang.blogspot.com/. Very impressive! So what makes him a leader? apa yang membuat sesorang bisa dibilang pemimpin yang baik?

leave a comment please

















Komentar