NeTwork city

poster ini aku buat dalam rangka lomba poster, desain grafis, atau desain yang diadakan oleh United Nations Habitat, yang bergerak di bidang permukiman dan kualitas hidup dan lingkungan. Mereka membuat program yang menurutku menarik, yaitu mengajak seniman, mahasiswa, arsitek, desainer, siapapun untuk menyumbangkan ide terbaik mereka untuk kota mereka masing-masing.

Dan akhirnya aku membuat poster yang bercerita tentang dunia maya dan nyata yang terhubung. begini ceritanya... dalam kota yang berkembang, banyak sekali komunitas besar maupun kecil yang muncul karena perpaduan budaya, kesenangan, dan hobi semisal dalam hal akademis, lukis, tari, renang, berkuda, makanan, dan semakin berkembang lagi. biasanya mereka membuat kelompok mereka online dalam network seperti facebook, twitter, etc, janjian buat ketemuan, begaoool, latian, sharing. dan aku yakin, pada dasarnya orang lebih merasa hidup ketika dia punya lebih banyak komunitas misal di rumah ada komunitas RT, di masjid ikut Remais, di kerjaan ikut asosiasi profesi, pulang ikut kumpulan penggemar musik keroncong, dsb.

Sebagai perencana kota, pemerintah punya tujuan membuat kota seefisien, sepadat, sehidup, semakmur, sebahagia, sesehat mungkin. kegiatan komunitas-komunitas ini sebenarnya kalau bisa dilacak pergerakannya, tempat yang sering dikunjungi, pemanfaatan fasilitas kota, ini bisa sangat membantu perencanaan dan pengembangan kota secara berkesinambungan..

soooo aku mengusulkan solusi website sosial khusus satu kota saja, semua orang janjian, dan ketemuan melalui website ini, membuat titik di peta dan ketemuan di dunia nyata. data-data tersebut bisa digunakan untuk dasar analisa kehidupan dan pergerakan kota. dimana semua tentang kota seperti jumlah kendaraan, webcam traffic light, info polusi, penghargaan kota, dan indikasi2 lain juga dihadirkan. harapannya adalah warga kota mengetahui kondisi riil kota dan kegiatan2 yang dilakukan juga aktif secara lokal membantu membentuk kota yang lebih baik. semakin kuat hubungan komunitas dan antar komunitas, serta komunitas2 dengan kota, semakin baik harapannya menjadikan tempat yang nyaman buat semua

Komentar

  1. brooo.. konsep web e kuat en keren..

    sik kontak temen,, dulu punya web keren juga tentang jogja gitu.. sippo!!

    BalasHapus

Posting Komentar